Antisipasi Covid-19, Petani Milenial Siapkan Pangan Berkelanjutan

0
124

Antisipasi dampak pandemi covid-19 berkepanjangan Politeknik Pembangunan pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa), gandeng  Dinas Pertanian dan Pangan, Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) cetak kelompok petani milenial  agar ketersediaan pangan berkelanjutan.

Direktur Polbangtan YoMa, Dr Rajiman mengatakan di Kebumen telah ditumbuhkan sekitar 48 kelompok petani milenial, salah satu kelompok yang terdiri atas empat orang mengambil usaha agribisnis padi oleh Kelompok Mapan.

“Saat ini, Mapan telah membudidayakan padi varietas unggul melalui kegiatan demonstration rice plot atau Demplot seluas 1.500 ubin atau sekitar 2.000 meter persegi dengan varietas Kalimasada. Pertumbuhannya dari hari ke hari baik dan berpeluang memberi keuntungan bagi petani,” kata Dr Rajima di Yogyakarta, Rabu (22/4).

Menurutnya, Mapan juga didampingi penyuluh pertanian dari KostraTani Kutowinangun agar dalam usaha agribisnis padi terjaga keberhasilannya. Hal itu menunjukkan bahwa petani milenial tetap bertani dengan menerapkan tata cara menangkal penyebaran virus korona di kalangan petani dan penyuluh.

“Usaha yang dilakukan petani milenial Mapan di Kebumen merupakan implementasi dari kebijakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa pertanian tidak pernah berhenti. Bukti bahwa petani dan penyuluh terus bekerja mendukung ketersediaan pangan,” katanya.

Hal itu, kata Dr Rajiman, selaras dengan instruksi Mentan Syahrul yang mendorong petani milenial menjadi garda terdepan pencapaian mandiri pangan. Kendati begitu semangat bertani jangan sampai mengabaikan kewaspadaan menangkal penyebaran virus korona.

“Laksanakan Protokol Kesehatan. Kenakan masker. Jaga jarak. Hindari kerumunan. Rajin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir,” kata Dr Rajiman mengutip Mentan.

Kepala BPPSDMP Kementan Prof Dedi Nursyamsi tiada henti menyerukan petani dan penyuluh tetap ke lapangan untuk memastikan ketersediaan pangan di tengah pandemi covid-19.

“Pangan bukan cuma soal perut tapi juga stabilitas nasional,’’ katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.