Mahasiswa Polbangtan YoMaTetap Eksis Mendampingi Petani Ditengah Pandemi

0
90

Kontributor : Endah Puspitojati

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang  (Polbangtan Yoma) merupakan salah satu Politeknik Lingkup Kementerian Pertanian penyelenggara pendidikan tinggi vokasi bidang pertanian dalam berbagai rumpun ilmu terapan untuk mendukung pembangunan pertanian. Selama pandemic Covid 19, selain mengikuti kegiatan perkuliahan secara on line, mahasiswa Polbangtan Yoma, dituntut untuk berkontribusi nyata di lapangan melalui kegiatan pendampingan petani. Mahasiswa Polbangtan Yoma, Kampus Yogyakarta melakukan pendampingan di domisili masing-masing yang tersebar di 19 provinsi, 101 Kabupaten dan 293 kecamatan di Seluruh Indonesia.

Insan Anugerah, salah satu mahasiswa Polbangtan Yoma, bersama Penyuluh melakukan pendampingan di beberapa kelompok tani di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Pendampingan tidak hanya dilakukan melalui aktivitas fisik pertanian saja, namun  mahasiswa berkolaborasi dengan penyuluh setempat selalu memberikan suntikan motivasi kepada para petani untuk tetap survive dan optimis mampu bertahan di tengah pandemi, bersama-sama mengamankan stok pangan nasional.

“Alhamdulillah, petani tetap bisa panen padi di tengah pandemic ini,  beberapa hari yang lalu kami membantu petani panen padi varietas Cigeulis, luas lahan 1,1 ha, bahkan kami membantu mengoperasikan Combine harvester untuk efektivitas kegiatan pemanenan, petani sangat welcome, dengan kehadiran mahasiswa.  Hasil panennya mencapai, 9,44 ton GKP/ha” ujar Insan. 

Selama kembali ke kampung halaman, Insan juga membantu penyuluh untuk  menggerakkan petani  hortikultura untuk lebih memanfaatkan lahan pekarangan, mengelola pembuatan pupuk organik, hingga pemanenan komoditas hortikultura seperti tanaman tomat dan kacang panjang.

“Dengan adanya kegiatan pendampingan ini, petani khususnya di Kecamatan Alas dan Buer, Kabupaten Sumbawa merasa terbantu, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan,antara lain meningkatkan keterampilan dan pengetahuan lapangan, melatih komunikasi efektif dengan petani serta dapat belajar untuk menjadi seorang wirausahawan yang memiliki karakter dan sikap kerja yang baik, yang nantinya akan berguna dan memberi manfaat untuk masyarakat terkhususnya dibidang pertanian” tambah Insan terkait kegiatan pendampingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.