Peningkatan Kapasitas SDM Penyuluh Pertanian menuju BPP Model Kostratani

0
56

Kontributor : Sumarjono

Dalam upaya mewujudkan Satu Data Pembangunan Pertanian melalui program Kostratani, penguatan data dan informasi menjadi kegiatan yang paling penting. Penyuluh Pertanian melakukan update data lapangan secara berkala terkait tugas dan fungsinya. Balai Penyuluh Pertanian diharapkan mampu menjadi sumber data yang valid. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kapasitas para penyuluh terutama dalam bidang IT guna input data pertanian.

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang sebagai UPT Kementerian Pertanian menyelenggarakan Pelatihan Simluhtan, e-RDKK, e-CPCL  dan Laporan Utama di BPP Playen Gungung Kidul pada tanggal 29 Juli 2020. Pelatihan diikuti oleh 23 orang peserta yang terdiri dari Penyuluh Pertanian, POPT, dan Ulu-Ulu dari seluruh kalurahan se Kapanewon Playen, kab. Gunung Kidul. Kegiatan ini dibuka oleh Panewu Playen Bapak Setiyawan. Di dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan dalam penyampaian data RDKK dan yang lainnya agar tepat waktu dan akurat. Materi Kebijakan terkait Simluhtan, eRDKK disampaikan oleh Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Gunung Kidul, untuk Updating data pada simluhtan dan e RDKK dipandu oleh Ibu Puji Catur SW dan materi terakhir berupa Zoom Meeting dan Pelaporan Utama  oleh Bagus Prasetia,STP.,MP dari Politeknik Pembangunan Pertanian.

Tujuan diselenggarakannya Pelatihan dalam rangka percepatan iformasi penyuluhan pertanian agar efektif dan efisien serta memenuhi 4 (empat) tepat yaitu tepat waktu, tepat tempat, tepat sasaran dan tepat kebutuhan melalui sistem jaringan yang terkoneksi dengan internet. Hal ini dmaksudkan agar informasi pertanian yang dibutuhkan oleh pelaku utama maupun pelaku usaha dan masyarakat pertanian pada umumnya dapat setiap saat diperoleh dan dipilih sesuai kebutuhan spesifik lokasi.

Kegiatan pelatihan ditutup oleh Panitia Politeknik Pembangunan Pertanian mewakili Direktur berharap bahwa dari hasil pelatihan ini tidak ada lagi kendala berkaitan dengan pelaporan, input data pada aplikasi Simluhtan dan e- RDKK  ujar R. Siti Astuti. Team Web

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.