Polbangtan YoMa Lakukan Pelatihan Updating Data Kostratani

0
59

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui  Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) berupaya meningkatkan fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai center of excelent melalui Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani). BPP akan menjadi pusat data dan informasi, pusat pembelajaran untuk penyuluh dan petani, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat konsultasi agribisnis sert ba pusat pengembangan jejaring kemitraan. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menargetkan Indonesia memiliki satu data pembangunan pertanian, yang diimplementasikan melalui KostraTani merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Badan Informasi Geospasial (BIG). Pusat Data dan Informasi Pertanian di Kementan (Pusdatin) bertindak selaku Walidata sebagai bagian Forum Satu Data Indonesia (SDI) dan KostraTani mengumpulkan data di lapangan mendukung Forum Satu Data Pertanian.

Untuk menjadi  center of excelent semua aktivitas pertanian, BPP perlu diperkuat  dengan kapasitas dan kompetensi penyuluh melalui pelatihan tematik, kelembagaan Posluhdes dan penyelenggaraan penyuluhan pertanian. Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengungkapkan bahwa Kostratani adalah sumber data. ‚ÄúSemua data pertanian yang dibutuhkan ada di Kostratani. Sehingga membutuhkan penggunaan arsitektur teknikal dan metode analitis yang inovatif untuk mendapatkan wawasan yang dapat memberikan nilai bisnis baru atau informasi yang bermakna,” ujar Dedi.

Untuk penguatan data dan infomasi, Politeknik Pembangunan Yogyakarta Magelang melaksanakan pelatihan  Pelatihan Updating Data Simluhtan, e-RDKK, dan pelaporan utama komoditas strategis program utama kementan  akhir Juli lalu. 

Pelatihan ini diikuti oleh 12 peserta yg terdiri dari penyuluh pertanian Berbah, admin data Kostratani, admin data e-RDKK, admin Simluhtan, POPT, dan Keswan. Materi pelatihan adalah penjelasan mengenai Simluhtan, eRDKK, Pelaporan utama kostratani dan pemanfaatan Zoom sebagai sarana media online. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan SDM penyuluh pertanian kec Berbah dalam menjalankan program utama Kementan yaitu kostratani. Hadir sebagai fasilitator Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian kabupaten Sleman, Kepala Seksi Penyuluhan dan fasilitator dari Polbangtan YoMa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.