Wujudkan Kedaulatan Pangan Kostratani Lakukan Sinergi dengan Petani Urban

0
68

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di berbagai kesempatan menyampaikan bahwa Tahun 2020 adalah tahun pembentukan karaktek SDM berkualitas.  Pembangunan pertanian saat ini memfokuskan kepada proses regenerasi petani, menghasilkan petani milenial yang maju, mandiri, modern dan berdaya saing, serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan di perdesaan wilayah mereka tinggal.   Untuk itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menggagas Program Komando Strategis Pertanian (Kostratani)                untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam menggerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan jika Kementerian Pertanian  (Kementan) akan terus memperkuat peran Kostratani. “Sebab, Kostratani mengimplementasikan program-program Kementerian Pertanian. Kegiatannya langsung bersinggungan dengan petani di lapangan. Di Kostratani ini juga petani bisa mendapatkan informasi atau mendapatkan penyuluhan agar hasil pertaniannya lebih maksimal,” tutur Mentan SYL pada suatu kesempatan. 

Di tengah kondisi Covid 19 yang belum usai membuat perubahan sektor tak terkecuali Kementan.  membuat kita mengubah strategi untuk tetap produktif dan memastikan stok pangan untuk seluruh masyarakat Indonesia aman.  

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengajak seluruh petani dan penyuluh untuk tetap melaksanakan olah tanah, tanam dan panen. Tak hanya itu, Dedi pun menekankan agar seluruh pihak memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami komoditas pertanian. “Jangan biarkan sejengkal tanah pun kosong, manfaatkan dengan menanami dengan berbagai komoditas pertanian yang mudah di tanam dan cepat panen”, ungkap Dedi. 

Selasa, 4 Agustus 2020 di Kampung Blunyahrejo, Karangwaru Yogyakarta ada sesuatu yang berbeda. Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang bersama dengan pemerintah daerah setempat melaksanakan  Launching Sistem Pertanian Perkotaan Terintegrasi Berwawasan Lingkungan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Pemerintah Kota Yogyakarta merupakan sinergi kelompok petani urban dengan Kostratani di Kota Yogyakarta.

Sebagai wujud komitmen dukungan pemerintah daerah terhadap kegiatan Kostratani, hadir dalam kegiatan launching ini Wakil Walikota Yogyakarta, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Yogyakarta serta Direktur Polbangtan dan para pimpinan perguruan tinggi di Yogyakarta. 

Dalam arahannya Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi,  menyampaikan “Sekarang sudah banyak kampung yang memiliki karakteristiknya, seperti berbasis budaya pertanian yang nantinya akan  diintegrasikan dengan pariwisata”.

Kelompok tani urban sendiri telah  memulai aksi tanam sejak Februari 2020. Ketua Pengurus Kelompok Tani Urban di Kampung Blunyahrejo, Karangwaru Yogyakarta, Pratito menuturkan kami telah memiliki sebutan untuk kampong petani urban ini yakni “Kampung Markisa”.

Kampung Markisa merupakan slogan kepanjangan dari Mari Kita Bersatu, Bersama dan Bisa. Tak hanya slogan semata, kedepannya kami akan  membuat wilayahnya sebagai sentra buah markisa dan aneka olahannya”, jelas Pratito.

Selain itu, di Kampung Markisa para anggota kelompok tani juga memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam. Di kahan seluas ribuan meter persegi itu merupakan milik warga yang statusnya pinjam pakai ini kami mencoba untuk menanam berbagai komoditas pertanian yang dapat dikonsumsi sehari-hari seperti sayuran. Ini merupakan panen perdana secara massal yang hasilnya dijua kepada warga sekitar.

Ditambahkan oleh Direktur Polbangtan Yogyakarta, Rajiman yang menyatakan untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional perlu dukungan dari berbagai pihak.  menindaklanjuti kegiatan tersebut dengan bersinergi kelompok tani urban dengan kegiatan utama Kementerian Pertanian yaitu Kostratani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.