Polbangtan YoMa Lakukan Prosesi Wisuda 254 Mahasiswa Secara Drive Thru dan Virtual

0
35

Terasa sangat berbeda suasana wisuda mahasiswa/mahasiswi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang (YoMa) tahun ini.

Wisuda tahun ini sangat luar biasa karena dilaksanakan secara drive thru oleh 21 perwakilan wisudawan yang berdomisili di DIY dan diikuti oleh 233 wisudawan dilokasinya masing-masing dan disaksikan oleh seluruh civitas akademika Polbangtan YoMa.

Prosesi pemindahan kucir kepada 21 perwakilan wisudawan tetap dilakukan dengan menggunakan traktor dan mematuhi protokoler kesehatan.

Kepala Badan Peyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Prof. Dedi Nursyamsi dalam sambutannya secara virtual menyampaikan selamat kepada Polbangtan YoMa yang telah melulusan dan mencetak calon agripreuner serta job creator dan job seeker.

“Mereka adalah calon-calon petani milenial yang memiliki kecerdasan dan semangat tinggi serta mudah beradaptasi dengan inovasi teknologi. Seperti yang ditekankan oleh Menteri Pertanian (Mentan) bahwa lulusan Polbangtan harus memiliki jiwa maju, mandiri dan berdaya saing,” papar Prof. Dedi.

“Wisuda ini bukan suatu keberhasilan tetapi ini merupakan titik awal untuk terjun di dunia nyata terutama dunia pertanian. Di tengah pandemi ini ibu pertiwi sedang mengalami kesedihan dan inilah saatnya kita mengulurkan tangan. Ibu pertiwi menunggu kiprah dan dedikasi para alumni Polbangtan untuk meningkatkan produksi pertanian kita,”tambahnya.

Dalam laporan tahunan penyelenggaraan pendidikan TA 2019/2020 juga disampaikan oleh Wakil Direktur I, Ananti Yekti. Bahwa sampai tahun 2020 ini Polbangtan Yoma sudah meluluskan 2 angkatan dengan total jumlah wisudawan 460 orang.

“Pada Agustus 2020 ini Polbangtan YoMa meluluskan 254 wisudawan yg berasal dari 10 propinsi, dengan rata-rata Indeks Prestasi dari Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan adalah 3,64 dan dari Prodi Penyuluhan Perternakan dan Kesejahteraan Hewan adalah 3,53. Sebelum melaksanakan wisuda mahasiswa mengikuti ujian tugas akhir yang dimulai bulan Mei – Agustus. Dan melaksanakan yudicium sebanyak 2x,” ujar Ananti.

Ditambahkan oleh Direktur Polbangtan YoMa Dr. Rajiman, sebagai institusi Perguruan Tinggi dan pendidikan vokasi, kami berharap seluruh lulusan Polbangtan YoMa dapat sukses dalam bidangnya.

Mampu berkontribusi positif kepada masyarakat sekitar terutama pada kondisi pademi saat ini. Tetap bersemangat dan berpikiran positif. Jadikah job creator dan job seeker yang fokkus untuk mencari solusi bukan berfokus pada masalah. Pertanian merupakan salah satu sektor yang tetap bertahan pada saat ini,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.